Welcome to My Blog ^ _ ^

Selasa, 21 Oktober 2014

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this history on :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg45kVCk9JOp01TBJ8F6dwBO9To0tACF6T5URQz-s1xpeNHkPbDAoHVeBCOUCUQn8ze7dB55Rs5sDwiomBJAoyOTKTk0p1AWnW90KEiu2EPp-Uj4riAKDz8fJViN5LjE-UpFHIVGGQfRGE/s1600/InformationTechnology.jpg 


Tulisan ini diajukan untuk pemenuhan tugas mata kuliah :"Sistem Informasi Psikologi" yang merupakan mata kuliah soft skill pada fakultas Psikologi Gunadarma semester 7.

Segala sesuatu tentunya dibutuhkan suatu perencanaan dan tentunya pengorganisasian dalam hal ini bukan hanya dalam sebuah organisasi tapi juga dalam hal teknologi informasi khususnya komputer. Sebuah komputer juga membutuhkan adanya konsep perencanaan dan struktur yang membuatnya menjadi teratur, bahkan bukan hanya komputer, struktur kognisi manusia pun membutuhkannya. lalu apa hubungannya ? sebelum membahas kedua hal tersebut dibawah ini dijelaskan pengertian dari arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia.

Pengertian Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).

Pengertian Struktur Kognitif Manusia

Kognitif berasal dari kata “cognitive” yang berarti hal yang berhubungan dengan pengamatan dalam Didit Hadi Susanto. Dalam ilmu Psikologi, Kognitif merupakan bagian dari gejala jiwa manusia. Kognitif merupakan gejala pengenalan yang terdiri dari penghayatan pengamatan tanggapan asosiasi, reproduksi, apersepsi, ingatan, fantasi, berpikir dan intelegensi.


     Struktur adalah sekumpulan variabel yang masing-masing dapat berbeda tipe, dan dikelompokkan ke dalam satu nama (menurut Pascal, struktur juga dikenal sebagai record). Struktur membantu mengatur data-data yang rumit, khususnya dalam program yang besar, karena struktur membiarkan sekelompok variabel diperlakukan sebagai satu unit daripada sebagai entity yang terpisah.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa struktur kognitif manusia adalah suatu sistem yang sangat kompleks terstruktur didalam otak manusia yang saling melengkapi satu sama lainnya menurut fungsinya.
Dari dua pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kesamaan yaitu sama sama memiliki suatu sistem yang terstruktur dan terorganisasi. Selain itu keduanya pun memiliki kesamaan dalam hal memproses informasi.
Sumber
http://informatikaku-informatika.blogspot.com/p/pengertian-struktur.html
http://www.referensimakalah.com/2012/03/definisi-kognitif-dan-perkembangan_7357.html 



0 komentar:

Posting Komentar