Welcome to My Blog ^ _ ^

Selasa, 25 Oktober 2011

Perkembangan Kognitif

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this history on :

-Menurut Jean Piaget anak memiliki tahapan berfikir yang berbeda.
-Skema adalah cara berinteraksi dengan lingkungan.
-Perkembangan Skema, contoh adalah ketika kita mengajarkan si anak "ini buku" maka anak akan mengetahui bahwa sesuatu itu adalah buku.
-Asmilasi= Proses pemahaman diri melalui skema
- Skema berkembang sendiri ketika beranjak dewasa, contohnya adalah ketika si anak belajar sendiri tentang menggunakan komputer.
- Sensorik MotorikL Mengetahui/Pengetahuan melalui panca indra

1. Tahap Sensoris Motor (0-2 tahun)
ciri ciri:
- Bayi hanya memiliki sedikit skema sehingga ia hanya berinteraksi dan mengekspresikan dirinya dengan menggenggam, menghisap dan melihan. Contoh bayi yang diberikan suatu benda pasti akan langsung dimasukan kemulutnya, memanglah demikian karena itu sedang masanya.
- Tertarik pada benda benda yang ada, ketika menghilang kemudian tidak tertarik lagi

2. Tahap Pra Oprasional (2-7 tahun)
Prakonseptual (2-4 tahun)
- Memahami secara egosentris
a. Penalaran Transduktif
yaitu menilai atay melihat sesuatu karena suatu peristiwa dan dilihatnya melalui ciri ciri objek. Contoh Anak akan melihat Truk dan mobil sama karena sama sama beroda 4
b. Penalaran Sinkretik
yaitu dengan mengubah kriteria klasifikasinya. Contohnya, mengelompokan truk, sedan, bus, berdasarkan warna, besar-kecil dan seterusnya.

3. Tahap Oprasional Kongkrit (7-12 tahun)
- Terjadi peristiwa penting yaitu konservasi dan seriasi
- Anak menolak suatu objek yang diubah bagaimanapun bentuknya. contohnya mengukur banyak air dalam2 gelas yang berbeda tinggi namun yang pendek memiliki volume lebih besar, maka si anak akan meilih gelas yang lebih tinggi airnya.
- Seriasi adalah kemampuan untuk mengkasifikasi objek menurut berbagai macam ciri seperti: tinggi, besar, warna, bentuk dll

4. Tahap Oprasional Formal (mulai usia 12 tahun)
- Sudah mampu representasi simbolis tanpa menghadapi objek objek yang ia pikirkan. Contohnya, si anak sudah mampu membayangkan suatu benda tanpa harus melihat benda tersebut
- Pola berfikir fleksibel, mampu melihat persoalan dari berbagai sudut pandang.

Selesai

Ket. Tulisan ini diambil dari catatan catatan perkuliahan psikologi yang saya coba share di blog, selain untuk belajar dan menghafal juga mencoba untuk share bagi yang mencari catetan yang sama. :)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam kenal ☺
Saya mau tanya sumber di atas di ambil dr buku psikologi karangan siapa ya?
Soalnya saya lagi nyari referensi ttg penalaran transduktif pada tahap praoperasional

Posting Komentar