Welcome to My Blog ^ _ ^

Selasa, 17 Maret 2015

Konsep Sehat Menurut Aliran Humanistik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this history on :
 
Konsep sehat menurut Parkins (1938) adalah suatu keadaan seimbang yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dan berbagai faktor yang berusaha mempengaruhinya. Dan menurut White (1977), sehat adalah suatu keadaan di mana seseorang pada waktu diperiksa tidak mempunyai keluhan ataupun tidak terdapat tanda-tanda suatu penyakit dan kelainan.

 – Aliran Humanistik
Abraham Maslow (1908-1970) dapat dipandang sebagai Bapak dari psikologi humanistik. Gerakan ini merasa tidak puas terhadap psikologi behavioristik dan psikoanalisis, dan memfokuskan penelitiannya pada manusia dengan ciri-ciri eksistensinya.
Psikologi humanistik mulai di Amerika Serikat pada tahun 1950 dan terus berkembang. Tokoh-tokoh Psikologi Humanistik memandang behavorisme mendehumanisasimanusia. Psikologi Humanistik mengarahkan perhatiannya pada humanisasi psikologi yang menekankan keunikan manusia. Menurut Psikologi Humanistik manusia adalah makhluk kreatif, yang dikendalikan oleh nilai-nilai dan pilihan-pilihannya sendiri bukan oleh kekuatan-kekuatan ketidaksadaran.
Maslow menjadi terkenal karena teori motivasinya, yang dituangkan dalam bukunya “Motivation and Personality. Dalam buku tersebut diuraikan bahwa pada manusia terdapat lima macam kebutuhan yang berhirarki, meliputi:
1)    Kebutuhan-kebutuhan fisiologis (the physiological needs)
2)    Kebutuhan-kebutuhan rasa aman (the safety needs / the security needs)
3)    Kebutuhan rasacinta dan memiliki (the love and belongingness needs)
4)    Kebutuhan akan penghargaan diri (the self-esteem needs)
5)    Kebutuhan akan aktualisasi diri (the self-actualization needs)

Contoh Kasus:
Seorang siswa yang mencoba mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan baik oleh pihak sekolah maupun oleh pihak luar. siswa tersebut pun tak pernah terlewatkan akan lomba yang diselenggarakan dan tak jarang mendapatkan perhargaan dan menjadi juara dalam lomba tersebut.

Analisis Tokoh:
Mengacu pada teori humanistik kebutuhan maslow, maka kasus ini dikategorikan kepada kebutuhan akan penghargaan diri. Melihat di usianya yang masih muda maka siswa tersebut masih memiliki kehauasan akan prestasi yang berujung pada penghargaan yang diberikan kepadanya.

Referensi:
https://powawibi.wordpress.com/2014/03/25/kesehatan-mental-konsep-sehat-sejarah-kesehatan-mental-teori-kepribadian-sehat-aliran-psikoanalisa-behavioristik-humanistik/

http://mfaizaladriansyah2.blogspot.com/2013/04/kesehatan-mental-berdasarkan-dimensi.html

0 komentar:

Posting Komentar