Welcome to My Blog ^ _ ^

Jumat, 06 November 2015

PSIKOLOGI MANAJEMEN: SEJARAH DAN DEFINISI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this history on :
DEFINISI MANAJEMEN
Manajemen Sebagai Suatu Proses
Menurut Mukhyi dan Saputro (1995) Manajemen adalah suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Manajemen Sebagai Kolektivitas
Menurut Mukhyi dan Saputro (1995) manajemen sebagai suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer
Manajemen Sebagai Suatu Ilmu dan Seni
Menurut Mukhyi dan Saputro (1995) manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan perinsip-prinsip dari manajemen.
Dari beberapa definisi di  atas dapat ditari kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

SEJARAH MANAJEMEN
Perkembangan teori manajemen antara satu teori dengan teori lainnya berbeda, menurut pada pandangan manajemen saat itu. Semua teori manajemen tersebut adalah baik dan saling melengkapi satu dengan lainnya.
Terdapat beberapa aliran diantaranya, Aliran hubungan manusiawi yang menyarankan penggunaan teknik-teknik dari psikologi yang dihubungkan dengan perilaku manusia.
Aliran manajemen memandang bahwa faktor kunci sukses atau kegagalan pencapaian tujuan tergantung pada unt=sur manusianya.
Aliran kuantitatif ditandai dengan berkembangny team-team riset operasi dalam pemecahan masalah-masalah.

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagiamana SDM yang terbaik tersebut dapat di pelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah

Manajemen Operasional

Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen dengan teknik produksi yang seefesien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.

Manajemen Pemasaran

Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan. 

Manajemen Keuangan

Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan. 

PSIKOLOGI MANAJEMEN
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.

Kaitannya dengan psikologi:
Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
Pasalnya, ilmu psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.

Daftar Pustaka:

Abdul Mukhyi, M dan Saputru, I. (1995). Pengantar Manajemen Umum. Jakarta: Gunadarma

0 komentar:

Posting Komentar