Definisi Komunikasi
Komunikasi mengandung makna
bersama-sama (common). Istilah komunikasi atau communication berasal
dari bahasa Latin., yaitu communication yang berarti pemberitahuan atau
pertukaran. Kata sifatnya communis, yang bermakna umum atau bersama-sama. Jadi
secara garis besar , dalam suatu proses komunikasi haruslah terdapat
unsure-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran dan pngertian
antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikan (penerima pesan).
Proses komunikasi dapat diartikan
sebagai ‘transfer informasi’ atau pesan (message) dari pengiriman pesan
sebagai komunikator dan kepada penerima sebagai komunikan. Dalam proses
komunikasi tersebut bertujuan untuk mencapai saling pengertian (mutual
understanding) antara kedua pihak yang terlibat dalam proses komunikasi.
Dalam proses komunikasi, komunikator mengirimkan pesan atau informasi pada
komunikan sebagai sasaran komunikasi.
Wilbur Schrarmm menyatakan
komunikasi sebagai suatu proses berbagi (sharing process), Schrarmm
menguraikannya demikian :” komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang
berarti umum (common) atau bersama. Apabila kita berkomunikasi,
sebenarnya kita sedang berusaha menumbuhkan suatu kebersamaan (commonness)
dengan seseorang, yaitu kita berusaha berbagi informasi, ide atau sikap.
Misalnya , saya sedang berusaha berkomunikasi dengan para pembaca untuk
menyampaikan ide bahwa hakikat sebuah komunikasi sebenarnya adalah usaha
membuat penerima atau pemberi komunikasi memiliki pengertian atau pemahaman
yang sama terhadap pesan tertentu. “
Dari uraian Schrarmm , dapat disimpulkan bahwa sebuah komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berhasil melahirkan kebersamaan (commonness) , kesepahaman antara sumber (source) dengan penerima (audience - receiver) . sebuah komunikasi akan efektif apabila audience menerima pesan, pengertian dan lain-lain sama seperti yang dikehendaki oleh penyampai.
Dari uraian Schrarmm , dapat disimpulkan bahwa sebuah komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berhasil melahirkan kebersamaan (commonness) , kesepahaman antara sumber (source) dengan penerima (audience - receiver) . sebuah komunikasi akan efektif apabila audience menerima pesan, pengertian dan lain-lain sama seperti yang dikehendaki oleh penyampai.
MENURUT PARA TOKOH :
·
Sarah Trebholm dan Arthur Jensen (1996
: 4) mendefinisikan komunikasi demikian: “A process by which a source
transmits a message to a reciever through some channel.” (Komunikasi
adalah suatu proses dimana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui
beragaman saluran.)
·
Hoveland ( 1948:371)11 mendefinisikan
komunikasi, demikian:” The process by which an individual ( the communicator
) transmits stimuli (usually verbal symbols ) to modify, the behavior of other
individu”.(Komunikasi adalah proses di mana individu mentransmisikan stimulus
untuk mengubah perilaku individu yang lain.)
·
Gode ( 1969: 5) memberikan
pengertian mengenai komunikasi, sebagai berikut: “It is a process that
makes common to or several what was the monopoly of one or some.” (Komunikasi
adalah suatu proses yang membuat kebersamaan bagi dua atau lebih yang semula
monopoli oleh satu atau beberapa orang.)
·
Raymond S. Ross (1983:8) mendefinisikan
komunikasi sebagai suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan
symbol-simbol sedemikian rupa, sehingga membantu pendengar membangkitkan makna
atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh sang
komunikator.
·
Komunikasi merupakan proses pengalihan suatu maksud
dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas ,
rangkaian atau taha-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut (A.Winnet).
·
Komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang
menggunakan sistem simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata)
dan non-verbal. Sistem ini dapat di sosialisasikan secara langsung atau tatap
muka atau melalui media lain (Tulisan, Oral dan Visual ) (Karlfriet Knapp).
0 komentar:
Posting Komentar